Pages

Jumat, 25 Maret 2011

alur dan sudut pandang

Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, mahasiswa mampu memahami pengertian alur. Mahasiswa mampu membedakan alur dengan sinopsis atau ringkasan cerita. Mahasiswa mampu memahami alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Siswa pun mampu memahami unsur sudut pandang dalam cerita.

Alur
Seorang pengarang dalam menggerakkan cerita tentu dengan jalan mengalirkan kisah itu melalui peristiwa demi peristiwa, sehingga jalan cerita dapat dimengerti oleh pembacanya. Jalan cerita tersebut layaknya disebut alur. Esten (1984:27) mengatakan: “Alur adalah urutan (sambung-sinambung) peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita rekaan.”
Aminuddin (1987:83) mengatakan: “Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pengarang dalam suatu cerita.“
Peristiwa-peristiwa dalam alur selalu disusun secara logis, seperti yang dikemukakan Sujiman (1988:30) peristiwa dalam cerita disusun di antaranya: alur linier atau tersusun, menyajikan rentetan peristiwanya secara temporal,

Sudut pandang
Sudut pandang atau poin of  view merupakan pusat pengisahan, sebab posisi pengarang dalam sebuah cerita harus mampu menempatkan diri. Pendapat Aminuddin (1987:90) bahwa titik pandang adalah cara pengarang menampilkan para pelaku dalam cerita yang dipaparkannya.
Jadi, seorang pengarang memainkan dirinya dalam sebuah cerita itu, harus mampu meletakkan diri semestinya di mana tempat sudut pandangnya, misalnnya si pengarang menjadi tokoh utama atau aku, tetapi kemungkinan juga berposisi sebagai narator, atau pengarang menjadi dalang dalam kisah yang dibuatnya itu.
Menurut Arifin (1991:103) pusat pengisahan dapat berupa:
a. pengarang sebagai tokoh cerita;                                                                                                                                                                                    
b. pengarang sebagai tokoh sampingan;
c. pengarang sebagai pengamat (orang ketiga); dan
d. pengarang sebagai pemain dan moderator.

0 komentar:

Poskan Komentar

marquee

Reski Nurul Hakikie
Loading...

Fish